Oleh: Sasongko Bayuseto
Bekerja di perusahaan swasta mungkin merupakan hal yang biasa. Pernahkah kamu memiliki keinginan untuk bekerja di perusahaan multinasional atau perusahaan asing? Ya, bekerja di perusahaan asing mungkin akan menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, budaya dan iklim kerja tentu akan berbeda dengan ketika kamu bekerja di perusahaan swasta yang notabene kebanyakan orang memiliki latar belakang yang sama yakni, orang asli Indonesia.
Perusahaan asing tentu mewajibkan kamu untuk mampu berkomunikasi dengan bahasa asing pula. Umumnya, perusahaan tersebut menggunakan Bahasa Inggris dalam komunikasi kerja mereka. Untuk itu, selain memiliki skill yang diharuskan oleh perusahaan asing, kamu juga harus mampu lancar dalam berbahasa asing.
Hal ini akan berguna ketika kamu menempati posisi yang lebih tinggi pada perusahaan tersebut. Tentu, level komunikasimu dengan rekan bisnis atau atasan mau tidak mau harus berbahasa asing karena kebanyakan dari mereka berasal dari luar negeri. Kamu pastinya juga tidak mau dong saat mereka mengajak ngomong tapi kamu tidak tahu maksud mereka apa? Untuk itu, persiapkan itu ya!
Nah, jika kamu tertarik bekerja di perusahaan asing, berikut tips-tips yang dapat kamu pahami.
Mahirlah dalam Berbahasa Asing
Walaupun sudah menancapkan kakinya di Indonesia, perusahaan asing atau perusahaan internasional biasanya masih sering berkomunikasi dengan bahasa asing. Bahasa asing sendiri biasanya dipakai dalam percakapan sehari-hari, bahkan di saat rapat berlangsung.
Maka dari itu, kamu harus bisa berbahasa asing sesuai dengan kebutuhan perusahaaan tersebut. Minimal kamu bisa Bahasa Inggris dulu, mengingat bahasa ini umum dipergunakan perusahaan asing.
Tentukan Perusahaan yang Ingin Dituju
Ini adalah langkah yang penting, kamu bisa mencari nama-nama perusahaan asing di Indonesia melalui kanal lowongan kerja online atau kamu bisa googling di internet.
Kamu juga harus membaca beberapa informasi penting terkait perusahaan tersebut misalnya mengenai di mana perusahaan itu berasal, apa visi misinya, serta bagaimana budaya kerja di dalamnya. Bila dirasa sudah ada yang cocok, maka segeralah lamar perusahaan asing tersebut.
Mempunyai Kemampuan Adaptasi
Budaya kerja tentu menjadi isu penting ketika kamu melamar di perusahaan asing. Kamu harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja, termasuk dengan orang asing dan pekerja lainnya yang ada di sana. Kamu bisa mempermudah hal ini dengan mempelajari budaya mereka, termasuk budaya di lingkungan kerja kamu tersebut.
Hal ini akan mempermudah kamu memahami lingkungan kerja dan orang-orang yang ada di dalamnya. Jika sudah begini, komunikasi tentu akan lebih mudah dan lancar. Kamu juga bisa menghindari konflik dan berbagai hal lainnya yang tak perlu terjadi selama bekerja.
Memiliki Kedisiplinan Tinggi
Budaya perusahaan asing biasanya berbeda dengan budaya perusahaan yang ada di Indonesia. Menurut SAP Concur, setiap budaya memiliki standar ketepatan waktunya masing-masing. Contohnya, di Jerman dan Jepang, sebuah meeting akan berjalan sesuai waktu yang ditentukan. Sementara di negara lain, meeting biasanya mulai dan selesai lebih lambat dari waktu yang telah ditentukan.
Untuk itu, kamu harus memiliki kedisiplinan yang baik, jangan sampai kebiasaan yang kurang baik kamu lakukan di perusahaan tersebut. Bisa-bisa kamu memperoleh sanksi. Jadi, perhatikan kedisiplinanmu
Sumber: Fauzan Nur Rochman